Ketangguhan Pesawat CN 235-220 yang Serba Guna

Pesawat CN 235-220

Ketangguhan Pesawat CN 235-220 adalah pesawat bermesin ganda (twin-engine) yang dikembangkan bersama oleh perusahaan pesawat pemerintah Spanyol CASA (sekarang Airbus Defence and Space) dan perusahaan pesawat Indonesia, PT. Dirgantara Indonesia (PTDI). Pesawat ini merupakan pesawat serba guna yang dapat digunakan untuk berbagai misi, termasuk transportasi penumpang, kargo, medevac (evakuasi medis), dan patroli maritim. Berikut adalah gambaran lebih lanjut tentang CN 235-220:

Desain dan Fitur Utama

CN 235-220 memiliki desain sayap tinggi (high-wing) yang memungkinkan akses yang mudah ke kabin penumpang dan kargo. Pesawat ini mampu mengangkut hingga 44 penumpang atau muatan kargo hingga 6.000 kg. CN 235-220 juga dilengkapi dengan pintu kargo besar di bagian belakang untuk memudahkan pengisian dan pengosongan muatan.

Performa dan Keandalan

Pesawat ini ditenagai oleh dua mesin turboprop yang andal, memberikan kecepatan maksimum sekitar 450 km/jam dan jangkauan hingga 2.530 km. CN 235-220 juga memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat dari landasan pendek, membuatnya cocok untuk operasi di bandara yang memiliki keterbatasan ruang.

Penggunaan dan Variasi

CN 235-220 telah digunakan oleh berbagai operator di seluruh dunia untuk berbagai keperluan, termasuk transportasi sipil, militer, dan pemerintah.

Keunggulan Komersial

CN 235-220 merupakan pilihan yang populer untuk operator penerbangan regional dan pemerintah karena biaya operasional yang relatif rendah dan kemampuan yang andal. Pesawat ini juga memiliki reputasi untuk kinerja yang baik di berbagai kondisi cuaca dan lingkungan operasional yang berbeda.

Kesimpulan

Ketangguhan Pesawat CN 235-220 adalah pesawat yang serbaguna dan andal, yang menawarkan kombinasi kinerja, keandalan, dan efisiensi operasional yang tinggi.