Seorang Sheryl Sandberg Pemimpin Wanita di Dunia Teknologi

Sheryl Sandberg

Seorang Sheryl Sandberg adalah seorang eksekutif bisnis, penulis, dan filantropis Amerika yang dikenal karena perannya sebagai Chief Operating Officer (COO) Facebook dan sekarang Meta Platforms, serta karyanya dalam advokasi kesetaraan gender di tempat kerja. Sandberg telah menjadi suara terkemuka dalam memperjuangkan hak-hak wanita dan mendorong mereka untuk mencapai potensi penuh mereka dalam dunia profesional.

Kehidupan Awal dan Pendidikan

Sheryl Kara Sandberg lahir pada 28 Agustus 1969, di Washington, D.C., Amerika Serikat. Dia adalah anak tertua dari tiga bersaudara dalam keluarga yang sangat mementingkan pendidikan. Ayahnya adalah seorang dokter mata, dan ibunya adalah seorang guru.

Sandberg lulus summa cum laude dari Harvard College pada tahun 1991 dengan gelar sarjana dalam bidang ekonomi. Di sana, dia belajar di bawah bimbingan Lawrence Summers, yang kemudian menjadi mentor profesionalnya. Sandberg melanjutkan pendidikannya dan meraih gelar MBA dari Harvard Business School pada tahun 1995, di mana dia lulus dengan predikat tertinggi.

Karir Awal

Setelah lulus dari Harvard, Sandberg bekerja sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company selama setahun. Dia kemudian bekerja di Departemen Keuangan AS di bawah pemerintahan Presiden Bill Clinton, di mana Lawrence Summers adalah Menteri Keuangan. Sandberg menjabat sebagai Kepala Staf untuk Summers, mendapatkan pengalaman berharga dalam kebijakan publik dan pemerintahan.

Google

Pada tahun 2001, Sandberg bergabung dengan Google, di mana dia memimpin unit bisnis periklanan online yang dikenal sebagai AdWords dan AdSense. Dia memainkan peran kunci dalam pengembangan dan kesuksesan kedua produk tersebut, yang menjadi sumber pendapatan utama bagi Google. Sandberg bekerja di Google hingga 2008, dan kontribusinya membantu perusahaan tumbuh menjadi raksasa teknologi global.

Facebook

Pada tahun 2008, Sandberg bergabung dengan Facebook sebagai Chief Operating Officer (COO). Dalam peran ini, dia bertanggung jawab atas operasi bisnis sehari-hari perusahaan, termasuk penjualan, pemasaran, pengembangan bisnis, sumber daya manusia, kebijakan publik, dan komunikasi. Di bawah kepemimpinan Sandberg, Facebook mengalami pertumbuhan pesat, memperluas basis pengguna globalnya, dan meningkatkan pendapatannya secara signifikan.

IPO Facebook

Salah satu pencapaian besar Sandberg di Facebook adalah saat perusahaan tersebut go public pada tahun 2012. IPO Facebook adalah salah satu yang terbesar dalam sejarah teknologi dan membantu mengokohkan posisi perusahaan sebagai pemimpin global dalam media sosial.

Penulis dan Advokat Kesetaraan Gender

Selain karirnya di dunia bisnis, Sheryl Sandberg adalah seorang penulis dan advokat kesetaraan gender yang berpengaruh. Buku pertamanya, “Lean In: Women, Work, and the Will to Lead,” diterbitkan pada tahun 2013 dan menjadi bestseller internasional. Dalam buku ini, Sandberg mendorong wanita untuk mengejar karir mereka dengan penuh keyakinan dan tidak takut untuk mengambil peran kepemimpinan.

Yayasan Lean In

Setelah sukses dengan bukunya, Sandberg mendirikan Lean In Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mendukung wanita dalam mencapai ambisi profesional mereka dan mengatasi tantangan di tempat kerja. Yayasan ini menyediakan sumber daya, pelatihan, dan jaringan dukungan bagi wanita di seluruh dunia.

Filantropi dan Kehidupan Pribadi

Sheryl Sandberg juga aktif dalam berbagai kegiatan filantropi. Dia mendukung berbagai inisiatif yang fokus pada pendidikan, kesetaraan gender, dan pemberdayaan ekonomi. Setelah kematian mendadak suaminya, Dave Goldberg, pada tahun 2015, Sandberg menulis buku kedua, “Option B: Facing Adversity, Building Resilience, and Finding Joy,” yang berfokus pada mengatasi kesedihan dan membangun kembali kehidupan setelah kehilangan.